Naik ke atas dan melihat ke bawah

Naik ke atas dan melihat ke bawah
de' alcazar

Thursday, April 16, 2009

PILIHAN HIDUP


Menjadi guru...dulu tak pernah terlintas dalam benak sekalipun. Apalagi tercantum dalam cita-cita. Namun setelah menekuninya sekian belasan tahun, ternyata menjalani profesi ini membuat diriku secara tak langsung terhubungkan dengan pribadi yang satu ke pribadi yang lain. Mulai dari yang kecil/anak-anak sampai pada orang dewasa. Berhadapan dengan mereka membuat aku belajar banyak tentang tipikal pribadi orang dan aneka masalah dalam hidup. Sungguh tak jarang justru aku yang mendapat banyak pelajaran dari masalah dan kehidupan mereka. Aku kadang merasa tak bisa memberikan bantuan banyak terhadap permasalahan mereka. Aku hanya bisa duduk bersama, dan mendengarkan......namun itu mungkin lebih baik daripada mengacuhkan mereka. Menjadi guru agama membuatku tergabung dengan komunitas sejenis baik dari lingkungan terkecil sampai pada cakupan lingkungan yang terluas. Namun ada satu kesamaan yang kudapat : KESEDERHANAAN . Ya itulah yang mungkin membedakan kami dengan komunitas guru yang lainnya. Sampai saat ini cakupan terluasku yakni berkumpul dengan teman-teman yang berprofesi sama di tingkat nasional. Mudah-mudahan suatu saat aku bisa bergabung dengan komunitas yang skala lebih besar, Asia Tenggara, Asia, bahkan dunia.....waow, mengapa tidak ? PARRESIA...aku percaya suatu saat hal itu akan tercapai.

No comments: